5 Makanan Khas Kendal Enak

Makanan khas Kendal mungkin sebagian orang tidak mengetahuinya. Namun jika Anda sedang berkunjung ke Kendal maka Anda bisa mencicip berbagai menu yang menjadi makanan khas daerah tersebut. Tentu saja kelezatan makanan dari kendal ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Berikut ini beberapa di antara makanan khas Kendal yang terkenal.

5 Makanan Khas Kendal Enak

1. Sate bumbon

Makanan khas Kendal ini menjadi salah satu menu andalan resep masakan khas Kendal yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Sebab makanan ini memiliki citarasa yang sangat enak dan akan membuat Anda merasa ketagihan saat memakannya. Sate ini terbuat dari daging sapi yang diiris-iris dan kemudian diberi bumbu rempah serta gula Jawa. Setelah direndam dalam bumbu maka daging sapi ini kemudian ditusuk. Setelah itu barulah daging sapi yang telah ditusuk ini dibakar hingga setengah matang dan kemudian diberi bumbu kembali hingga bumbunya meresap sehingga sate terasa lezat.

2. Kerupuk rambak

Kerupuk rambak juga menjadi salah satu menu andalan dari Kendal yang tentunya tidak boleh sampai Anda lewatkan. Bahkan Anda bisa menjadikan kerupuk ini sebagai oleh-oleh khas Kendal. Kerupuk ini terbuat dari kulit sapi atau kulit kambing yang kemudian dikeringkan lalu digoreng. Kerupuk ini diolah dengan menggunakan bumbu istimewa sehingga kerupuk rambak bisa dibilang memiliki rasa yang sangat enak. Teksturnya keras seperti halnya kerupuk pada umumnya sedangkan rasanya gurih. Kerupuk rambak ini sudah tentu terasa begitu renyah di setiap gigitan.

3. Momoh kendal

Momoh sebenarnya merupakan suatu makanan khas Kendal yang terbuat dari jeroan sapi. Jeroan sapi ini kemudian dibumbui dengan menggunakan bumbu rempah dan juga gula Jawa. Proses pengolahan momoh ini sebenarnya membutuhkan wkatu yang cukup lama yaitu sekitar satu hari tepatnya sebelum dihidangkan. Makanan ini disajikan dalam dua bentuk yaitu momoh goreng dan momoh berkuah. Namun biasanya kebanyakan orang lebih memilih momoh yang digoreng. Sebab momoh yang digoreng dapat dimakan dengan menggunakan campuran apa saja. Misalnya dimakan dengan menggunakan nasi pecel atau bahkan dengan soto.

4. Lele mangut

Satu lagi makanan khas Kendal yang tak kalah lezat dari menu lainnya yaitu lele mangut. Makanan ini cukup langka sehingga cukup sulit untuk menemukannya. Namun Anda bisa mendapatkan masakan lezat ini di Kendal. Mungkin kebanyakan mangut diolah dengan menggunakan ikan laut sebagai bahan utamanya. Namun mangut lele sesuai dengan namanya tentu saja menggunakan ikan lele sebagai bahan utama. Tentu saja makanan ini sangat enak dan sangat memanjakan lidah Anda. Makanan yang termasuk langka ini memang dimasak dengan bumbu khusus yang menjadikannya memiliki aroma harum dan citarasa tinggi.

5. Sumpil

Sumpil yang merupakan makanan khas Kendal biasanya dibuat saat memperingati Maulid Nabi SAW. Jadi makanan ini dianggap sebagai makanan istimewa karena makanan ini ada hanya pada saat tertentu saja. Namun tentunya Anda akan menemukan sumpil dengan lebih mudah pada saat hari Maulid Nabi SAW tiba. Tak jarang pula sumpil ini dijadikan sebagai bahan makanan untuk hantaran. Makanan bernama sumpil ini terbuat dari beras dan cara pembuatannya seperti saat Anda akan membuat lontong. Hanya saja jika lontong dibuat dengan bungkusan yang berupa daun pisang maka sumpil dibungkus dengan menggunakan daun bambu. Sumpil ini seringkali dikenal sebagai ketupat yang berbentuk segitiga.
Makanan khas Kendal seperti di atas merupakan pilihan menarik bagi yang ingin berburu kuliner di Kendal. Selain harganya terjangkau juga mudah untuk ditemukan di sudut kota Kendal. Karena itu sempatkan waktu untuk mampir ke Kendal dan nikmati kelezatan kulinernya.