Tiga Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Dalam berdoa selain memperhatikan adab maupun sikap ketika melakukannya juga harus mengetahui waktu mustajab atau terbaik dalam memanjakannya. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan mengunjungi website dutadakwah.

Mengenal Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Tiga Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Agar doa bisa segera terkabul, tentu harus memperhatikan adab serta waktunya dimana beberapa di antaranya mustajab atau terbaik. Berikut akan disebutkan secara singkat dan untuk lebih lengkapnya dapat mengunjungi situs Media Dakwah Islam Online:

Setelah Shalat Fardhu maupun Sunnah

Memanjatkan doa yang paling mustajab dan mudah untuk dilakukan ialah ketika selesai melaksanakan shalat baik fardu maupun sunnah. Hal ini tentu memudahkan umat muslim sebab dalam sehari sudah pasti wajib melaksanakan sebanyak lima kali.

Sedangkan, untuk sunnah dianjurkan ketika selesai shalat malam seperti hajat, tahajud, witir dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja harus dilakukan sesuai dengan adab berdoa yang benar yakni mengawali dengan dzikir dan utamanya tidak terburu-buru.

DiĀ  Antara Adzan dan Iqomah

Waktu luang dan sebentar antara adzan dan iqomah yakni panggilan untuk melaksanakan shalat menjadi mustajab untuk memanjatkan doa. Biasanya diisi dengan puji-pujian baik shalawat serta dzikir ringan. Tujuannya tentu saja sama yaitu mengajak orang lain berdoa.

Beberapa orang mungkin akan menggunakan waktu ini dengan melakukan shalat sunnah seperti rawatib atau tahuyat masjid. Namun, sebaiknya juga meluangkan sebentar untuk memanjatkan doa walaupun hanya sedikit tapi bersungguh-sungguh.

Saat Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa menjadi salah satu momen mustajab untuk berdoa. Oleh karena itu, ketika hendak mengakhirinya harus memanjatkan doa terlebih dahulu meski hanya sebagai wujud ungkapan syukur atas nikmat selama berpuasa dan saat berhasil menyelesaikannya.

Doanya tidak perlu terlalu panjang namun bersungguh-sungguhlah dalam berdoa di waktu ini. Hal tersebut juga disebutkan dalam salah satu artikel di website dutadakwah bahwa waktu mustajab untuk memanjatkan doa ialah ketika berbuka puasa.

Ketiga waktu tersebut merupakan contoh dari banyak lainnya untuk berdoa. Harapannya ialah agar segala hajat dan permohonan dapat segera terkabulkan. Namun, sebelumnya tentu harus menjalankan sesuai dengan adab yang ada.

Untuk bacaan doa lebih lengkap dapat mengunjungi website dutadakwah. Tak hanya membahas tentang hal tersebut namun juga ilmu lainnya mengenai Islam.